Nginx 502 Bad Gateway

Nginx 502 Bad Gateway – Nginx (dibaca engine-x) merupakan salah satu software opensource berfungsi sebagai webserver bisa juga berfungsi sebagai proxy imap/pop3 yang dibuat oleh seorang warga negara rusia bernama Igor Sysoev
Ada banyak alasan seorang webmaster menginginkan peralihan server dari apache2 nginx, sering peralihan server apache2 ke nginx disebut sebagai migrasi. Bagi pemula dalam configurasi server, seperti configurasi vps unmanaged, untuk digunakan sebagai webserver bisa mengalami masalah nginx 502 Bad Gatewa namun jangan khawatir solusi nginx 502 bad gateway sudah saya sajikan di halaman ini.
nginx 502 bad gatewa

Berbicara kelemahan dan kekurngan webserver tentunya tidak ada habisnya, namun pada kenyataanya banyak pengguna apache2 yang migrasi menggunakan nginx, alasan keringanan dan kecepatan nginx menjadi alasan webserver nginx dipilih oleh para webmaster.

Untuk kelebihan websever nginx dari apache, mungkin anda bisa membacanya dari internet. Karena fokus kita disini bagaimana mengarasi masalah error 502 yang terjadi pada webserver nginx, masalah 502 ini, sesungguhnya karena nginx dan php yang kita gunakan tidak terkoneksi dengan baik, ini masalah service saja sebenernya.

Solusi Nginx 502 Bad Gateway  cukup mudah, pada solusi ini saya menggunakan ubuntu server 8.10, nginx dan php7.2. Untuk mengatasi koneksi yang tidak tepat antara nginx dan php7.2 dapat diselesaikan dengan mengubah sebaris konfigurasi pada file /etc/nginx/sites-available/default dan file pada php7.2 /etc/php/7.2/fpm/pool.d/www.conf

Untuk configurasi /etc/nginx/sites-available/default silahkan ambil pada postingan  tentang Cara setting vps unamanged Copy file tersebut dinginx configurasi, tepatnya pada file default, file asli nginx hapus saja, karena configurasi nginx tersebut berjalan baik untuk blog wordpress.

Jika configurasi default pada configurasi nginx sudah diganti dengan milik saya diatas, maka langkah selanjutnya adalah mengubah file www.conf, edit file www.conf dengan perintah

nano /etc/php/7.2/fpm/pool.d/www.conf

Kemudian cari tulisan listen = /run/php/php7.2-fpm.sock kemudian ganti atau beri tanda titik koma didepannya, misalnya seperti ini ;listen = /run/php/php7.2-fpm.sock tujuan titik-koma didepan tersebut adalah untuk mendisable listennya, jika sudah didasble atau sudah di hapus, langkah berikutnya buat listen yang baru di bawah yang anda kasih-titik koma tadi seperti ini: listen=127.0.0.1:9000 untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar www.conf php7.2 berikut:

www.conf php7.2 fpm

Kemudian Simpan file www.confnya, restart nginx dan phpfpmnya dengan perintah

/etc/init.d/nginx restart
/etc/init.d/php7.2-fpm restart

Untuk melihat status nginx engine bisa kita perintahkan diconsole linux

systemctl status nginx.service

atau bisa melihat informasi error nginxnya dibaris berapa

journalctl -xe

Hasilnya:

cara mengatasi masalah 502 nginx webserver

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *