Cara Input Data kedalam Database Menggunakan PHP

Cara Input Data kedalam Database Menggunakan PHP – banyak cara menginput data kedalam database, salah satu  Cara Input Data kedalam Database Menggunakan PHP bisa di baca seperti tulisan simple saya di bawah ini. Maaf bila ada mungkin kelemahan dalam menjelaskannya, karena saya juga pada dasarnya lagi mempelajari php.

Untuk memasukkan data kedalam database, tentunya kita harus punya koneksi kedalam database, dan perlu mungkin di perhatikan bahwa dalam pemrograman php kita menggunakan tiga buah software yang berbeda, yakni html, php, mysql.  HTML sendiri berfungsi untuk menghandle tampilan dari web yang kita buat, sedangkan php sebagai mesin pemrosesnya dan mysql sebagai media penyimpanannya.

Tentunya jika anda mencari cara memasukkan data kedalam database, anda telah mengerti apa saja yang harus di butuhkan, misalnya kita ingin memasukkan data kedalam database untuk menginput nama siswa yang di buat dengan code html dan disimpan dalam format php.

Sebagai contoh tampilan input_siswa.php menggunakan code html.

<html>
<head>
<title>Input data Siswa</title>
</head>
<body>
<form action="proses_siswa.php" method="POST">
Nama <input type="text" name="nama" />
<input type="submit" name="tambah" value="Tambah Data" />

</form>

</body>
</html>

Pada Code html di halaman input_data.php diatas dapat kita lihat, bahwa form akan mengirimkan data kehalaman proses_siswa.php Nah kode idatas itulah tadi yang saya maksud harus anda fahami dengan benar, ada baiknya jika pembuatan form seperti diatas anda belum faham, boleh terlebih dahulu mempelajari html saja dahulu. Namun jika sudah langkah berikutnya ini tentu sangat anda butuhkan.

Baiklah kita lanjut cara input data siswa kedalam mysql menggunakan php.

Ingat saya sering mengasumsikan bahwa pemrograman php itu ada diantara atau sebagai pemroses inputan dari html kedalam mysql. Secara diagram mungkin bisa di analogikan sepertin ini : html -> php <–> mysql

Untuk menghubungkan php dengan mysql, kita akan membuat kode php, yang kita namai sebagai koneksi.phpsilahkan tuliskan code seperti berikut ini.  Code koneksi ini juga masih bisa di perpendek, tentunya dengan mamahami variabel dan penggunaannya, tapi sebagai pemula code dibawah ini cukup baik untuk di contoh.

Simpan code diatas dengan nama file koneksi.php.

Variable $host="localhost"; fungsinya untuk menyebutkan bahwa database mysql kita ada alamat localhost.

Variabel $user="root"; fungsinya sebagai penyebut user dari mysql kita

Variabel $pass=""; passwordnya tidak diset, ini bawaan dasar xampp, jika menggunakan webserver lain dan memiliki password, silahkan diset passwordnya diantara tanda kutip dua.

$k= sebagai variabel untuk menghubungkan kode kita ke mysql berdasarkan variabel sebelumnya.  Begitupun mysql_select_db berfungsi untuk memilih database yang diset di mysql (lewat phpymadmin juga boleh).

Berikutnya buat file proses_siswa.php

<?php
include('koneksi.php');
$nama=$_POST['nama'];
mysql_query("INSERT INTO tbl_siswa values('','$nama')");
?>

pada code diatas bisa kita baca sebagai berikut:

include('koneksi.php'); berfungsi untuk memanggil kode koneksi.php

$nama=$_POST['nama']; menampung kiriman data dari form html/php berdasarkan name=”nama”;

mysql_query("INSERT INTO tbl_siswa values('','$nama')"); fungsinya memasukkan data kedalam database, dengan nomor urut yang berurutan secara otomatis dimana bagian ini akan di handle oleh opsi auto_increment pada server mysql. Saya rasa Cara Input Data kedalam Database Menggunakan PHP sampai disini saja, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *