Memahami Pemrograman OOP php dengan mudah

Pemrograman OOP PHPMemahami Pemrograman OOP php dengan mudah  – Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman berdasarkan konsep “objek”, yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut; serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik peranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat. kata mak wiki 

. Belajar PHP Cara membuat Folder PHP

Memahami dan mengenal pemrograman oop php mudah

Mengenal pemrograman oop php

Memahami Pemrograman OOP php dengan mudah

Secara harfiah (leksikal) arti kata perkata OOP dapat kita artikan sebagai bahasa pemrograman berbasis objek. Dimana pemrograman oop bekerja dengan memecah alur pemrograman menjadi bagian-bagian kecil yang lebih sederhana yang kemudian disebut sebagai objek. Setiap objek ini akan memiliki fungsi dan tugas masing-masing, pemgrograman oop berbeda dengan pemrograman prosedural yang memecah program menjadi bagian fungsi-fungsi atau berupa prosedur.

Pada kenyataannya, meskipun kita tidak menguasai pemrograman berbasis objek, dengan pemrograman php kita masih bisa membuat website dengan php (php native), saya sering menyebutnya php murni. Namun perkembangan zaman menuntut lebih dalam pemrograman web, sehingga muncullah teknologi-teknologi baru yang menyebabkan pergeseran penggunaan php native menjadi berbasis objek.

Pemgoraman berbasis objek seakan melakukan pendekatan kedalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga pengembangannya tentu lebih mudah, dan lebih fleksibel. Karena setiap bagian program akan di potong menjadi bagian-bagian kecil yang saling bertautan dan berhubungan. Jika kita ingin merombak sebuah aplikasi tentu akan lebih mudah karena kita tidak perlu mengganti seluruh body program, kita tinggal mengganti objek yang akan di ganti atau di update.

Memahami Pemrograman OOP php dengan mudah

Singkatnya sebuah program adalah sebuah objek besar, yang kemudian di bagi menjadi objek-objek kecil dan saling berhubungan.

Untuk menguasai pemgrograman berbasis objek, tentu setidaknya kita harus mengerti dan bisa menggunakan bahasa pemrograman php sederhana, seperti penggunaan type data, array dan fungsi-fungsinya.

Apa tujuannya kita mempelajari pemrograman oop php?

Tujuan utamanya adalah mempermudah, mempercepat kita dalam mendesign code yang dalam membuat sebuah aplikasi berbasis web modern dan memiliki fleksibilitas lebih daripada pemrograman php murni.

Karena fleksibilatas dengan kemudahan itu maka bermunculanlah aplikasi-aplikasi framework siap pakai, dimana modul-modulnya sudah disediakan sedemikian rupa oleh vendornya. Jika anda berminat mungkin anda bisa mencoba framework pemgrograman php berbasis objek seperti CodeIgniter, Yii, CakePHP, dan laravel.

Namun sebagai bahan tulisan singkat ini, kiranya akan membuka dan menambah sedikit wawasan kita bahwa, pemrograman berbasis objek amat penting kita pelajari jikalau memang kita ingin fokus dalam pengembangan sebuah aplikasi. Terlebih aplikasinya berbasis web.

Dalam memahami Pemgrograman OOP PHP ataupun pemrograman lainnya, maka kita juga harus mengenal bagian-bagian lain dari pemgoraman oop tersebut ada beberapa bagian lain, yang mungkin akan saya coba jelaskan dikesempatan lainnya. Beberapa bagian penting yang harus di fahami dalam pemrograman berbasis objek php adalah:

PENGERTIAN & KONSEP OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *