Belajar PHP - Membuat File Folder Menggunakan PHP

Jasa setting mikroti - Belajar PHP - Membuat File Folder Menggunakan PHP - Bahasa php adalah bahasa pemrograman Membuat File Folder Menggunakan PHP dalam membuat file folder didalam directory. Cara Membuat File Folder Menggunakan PHP.




Awal mulanya php di gunakan untuk pembuatan personal home page, dimana singkatan dari personal home page inilah yang mengawali pemrograman php sehingga kita kenal sekarang namanya PHP, karena perkembangannya yang demikian pesat Personal Home Page yang sedianya berubah menjadi singkatan rekursive, yakni singkatan yang menggunak/memanggil dirinya sendiri PHP: HyperText Preprocessor.

Belajar PHP - Membuat File Folder Menggunakan PHP. Demikian singkatnya php awal mula hadirnya, php dibuat oleh Rasmus Lerdrof sekitar tahun 1994-1995an. Untuk masuk ke materi bahasan Membuat File Folder Menggunakan PHP ada baiknya anda belajar php dari awal, namun jika anda sudah khatam soal php dari dasar silahkan di lanjutkan membaca tulisan sederhana ini. Semoga Membuat File Folder Menggunakan PHP dapat membantu menyelesaikan keinginan anda dalam membuat folder maupun file didalam bahasa php.

Belajar PHP - Membuat File Folder Menggunakan PHP

Perintah dasar dalam membuat folder di consol windows, tak jauh beda dengan perintah dasar membuat directory dengan php, perintah tersebut adalah MKDIR, di php ketika kita ingin membuat sebuah folder didalam directory kita maka perintah mkdir ini juga yang di gunakan.

Sintak dasar Membuat File Folder Menggunakan PHP
<?php
      mkdir(name,mode,recursive,context)

?>

Fungsi dari parameter mkdir - Belajar PHP - Membuat File Folder Menggunakan PHP adalah:
  • name : Parameter membuat folder , wajib diisi dengan nama file yang ingin kita gunakan.
  • mode : Merupakan acess readwrite terhadap file, dimana akses tertinggi adalah nilainya 777 (seperti linux).
  • recursive : Bagian ini boleh ada atau tidak, dimana ini berfungsi ketika kita ingin set mode recursive, artinya mode pengulangan berdasarkan suatu kesamaan tertentu.
  • contect : Bagian ini boleh tidak ada, dimana context ada php5, yang fungsinya untuk menangani perilaku khusus stream sebuah file. 

Demikianlah sintax dasar dalam pembuatan directory, yang mana kode dasar Membuat File Folder Menggunakan PHP diatas dapat kita lakukan validas dan macam-macamnya.

Sebagai contoh Belajar PHP - Membuat File Folder Menggunakan PHP dapat di copy code berikut :

<?php
$dir="folderku";
      if(!mkdir($dir,0,TRUE)){
  echo "gagal membuat directory/folder";
  };

?>
Perintah php diatas ketika dijalankan akan menciptakan sebuah folder didalam directory kita, dimana nama folder yang di buat php adalah folderku. Folder ini akan tersimpan/terbuar di dalam directory yang sama dengan file php pembuat foldernya, jika ingin membuat folder di luar directory file phpnya bisa di gunakan path lengkap dari directory yang ingin di buat,  misalnya ingin membuat folder di c:/windows maka code $dir="c:\windows\folderku";

Beberapa fungsi penting didalam management folder /directory ini diantaranya adalah:

  • mkdir(): untuk membuat directory/folder
  • rmdir(): untuk menghapus directory/folder
  • opendir() : untuk membuka directory.
  • readdir() : membaca satu-persatu file dalam directory secara berurut.
  • closedir(): untuk menutup directory/folder yang sebelumnya di buka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar