Fungsi Proxy External Mikrotik

Friday, September 7, 2012

Fungsi Proxy External Mikrotik - pada dasarnya mikrotik atau routerboard mikrotik sudah memiliki web proxy bawaan (internal) namun karena kecilnya space memori dan yang di miliki oleh routerboard menyebabkan kurang maksimalnya hasil yang di peroleh dari penggunaan web proxy internal mikrotik.

Dari segi teknis Fungsi proxy sangat banyak, namun yang sering di gunakan oleh warnet adalah untuk menghemat bandwidth, sehingga bandwidth yang ada dapat di gunakan untuk tujuan lain, misalnya game online, atau yang lainnya. Cara pengehematan bandwidth yang di lakukan proxy sering di sebut caching.  Artinya setiap kontent pada port tertentu yang di akses oleh user akan selalu melintasi proxy dan proxy melakukan penyimpanan terhadap kontent tersebut, meskipun demikian tidak semua web bisa /boleh di cache oleh proxy tentu untuk alasan keamanan, misalnya saja email.

Cara kerja mikrotik dan proxy external.



Pada gambar diatas dapat di lihat topologi jaringan dan mikrotiknya, posisi mikrotik sejajar dengan proxy:

Keterangan gambar:

Permintaan user dari pc warnet  akan di request ke mikrotik, mikrotik kemudian melanjutkan request ke proxy jika file /content yang di minta user ada di proxy mikrotik kemudian mengembalikan content sesuai dengan apa yang di request client, namun jika proxy tidak menemukan permintaan yang di request tersebut paket di kembalikan lagi ke mikrotik, kemudian mikrotik melemparkannya ke geteway selanjutnya misalnya ke speedy sampai di temukan paket /content yang di request oleh user/client.

Fungsi proxy kami :
  1. Menyimpan update game online seperti pointblank
  2. Menyimpan video seperti youtube, video yang pernah di buka lalu di putar kedua kalinya di komputer yang berbeda tidak lagi buffer. 
  3. Mempercepat load game facebook seperti poker dan lain - lain. 
  4. Menyimpan content dinamis dan content statis
  5. Dll
Dengan bantuan proxy dan mikrotik bandwidth internet terhemat dan termanag. Insya ALLAH jauh dari lag :D