Pitur DVR KPCAM 4CH H.264

Friday, September 9, 2011

Beberapa pitur yang cukup menarik yang dapat di lihat via web dari DVR KPCAM 4CH Seri H.264. Pitur utamanya ada 3 sub, yakni NETWORK, DVR dan GENERAL, yang mana ketiga pitur ini akan di bagi pada sub masing-masing masing sesuai fungsinya.

1. NETWORK
Network - Pengaturan jaringan, atau koneksi yang didalamnya ada
  • NETWORK 
Sebagai tempat untuk input ip address, yang dapat di gunakan jika kita ingin meremote /view cctv via jaringan internet, maupun jaringan lokal komputer. Sebagai contoh saya sertakan dalam gambar di bawah ini setting ip address yang di set, seperti kebutuhan di kantor PT. DIGITAL PRATAMA, pekan baru.

Fungsi masing - masing dari network configuration diatas:

Ip Server : Di isikan - sesuai ip network yang ada, yang berfungsi sebagai identifier fisik dvr itu sendiri.
Getway : adalah pintu ke internet, di isi sesuai dengan getway jaringan kita, jika tidak memiliki jaringan internet,  router, bisa di kosongkan saja.

Netmask : sesuaikan dengan netmask jaringan lokal kita /atau jaringan internet kita, jika yang di input adalah ip publik bukan ip local seperti dalam gambar.

Port: boleh di biarkan saja defaultnya adalah port 80, bisa juga di ubah sesuai kebutuhan, namun harap di pastikan port yang di gunakan jika di ganti bukan port - port umum yang sering di pakai, seperti port 21 untuk ftp, port - 22 untuk ssh, port 3128 untuk squid. Pastikan port yang di gunakan jika di ganti port defaultnya dengan port yang tidak di pakai dalam network kita.

DNS : boleh di -isi dengan dns network, jika terkoneksi dengan internet, jika tidak biarkan saja dns defaultnya. 

  • DDNS 
Dynamic DNS is a method/protocol/network service that provides the capability for a networked device, such as a router or computer system using the Internet Protocol Suite, to notify a Domain Name System (DNS) name server to change, in real time, the active DNS configuration of its configured hostnames, addresses or other information. (wikipedia.... lho bukan saya :P)

DDNS sendiri di perlukan, agar kita mudah mengontrol dvr kita dengan menggunakan nama domain, seperti contoh yang saya tampilkan pada gambar di bawah ini :


Pada gambar diatas anda melihat hostname yang berisi tulisan cctvkamera.dyndns.org, hostname ini bisa di jadikan pengganti ip address untuk view cctv dari internet, tentunya butuh configurasi lanjutan, agar cctv yang di set DDNS nya dapat di remote via internet (pada kesempatan lain akan saya beritahu-caranya agar cctv via DVR bisa di lihat lewat internet).

Singkatnya DDNS berfungsi untuk mempermudah kita mengingat hostname dvr, tanpa harus menghapal ip public internet /local yang di masukkan kedalamnya. so, dengan ddns dvr dari cctv  kita menjadi seperti situs di interne. Bisa di buka dengan alamat seperti berikut :http://cctvkamera.dyndns.org:88

Penggunaan DDNS tidak harus jika menggunakan cctv ini, ini hanya optional sebagai kelebihan pitur saja, dan jika anda mengabaikannya pun tidak ada masalah.

  • SNTP 
SNTP adalah singkatan dari Simple Network Time Protocol, dan seperti namanya, bagian ini berfungsi untuk mengurusi soal syncrnonisasi waktu, agar time pada DVR menjadi real time dengan waktu international. (silahkan cari di google untuk tambahannya :p). Server sntp sendiri dapat di peroleh di internet, atau bisa menggunakan sntp di bawah ini. 

0.id.pool.ntp.org
3.asia.pool.ntp.org
2.asia.pool.ntp.org


Silahkan di gunakan salah satunya, lihat gambar di bawah ini, untuk sntp -nya

  • FTP
FTP adalah file transfre protocol, karena hardisk dari dvr yang saya gunakan tidak di pakai, so saya tidak perpanjang soal FTP, karena FTP disini juga optional.

  • SMTP 
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Protocol yang di gunakan untuk mengirim surat elektronik atau sering kita sebut email. Ini berfungsi untuk mengirimkan alert via email. Optional juga.


Untuk Sub pitur DVR akan di tulis di halaman selanjutnya.